Profil Teknik Industri

Umum

Teknik Industri adalah cabang dari ilmu teknik yang berkenaan dengan pengembangan, perbaikan, implementasi, dan evaluasi sistem integral yang terdiri dari manusia, pengetahuan, peralatan, energi, materi, dan proses. Karena itulah maka pendidikan Teknik Industri diarahkan untuk menjawab kebutuhan dunia industri, baik manufaktur maupun jasa yang terus berkembang saat ini. Dengan adanya program studi Teknik Industri diharapkan akan dihasilkan sarjana-sarjana yang memiliki keahlian dalam hal perancangan, penginstalasian, dan peningkatan atau perbaikan sistem industri yang terintegrasi. Dengan demikian, sarjana teknik industri diharapkan mampu mentransformasi keunggulan yang dimiliki industri saat ini, baik keunggulan secara komparatif maupun kompetitif. Peningkatan keunggulan industri tersebut pada akhirnya diharapkan akan mampu memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan rakyat Indonesia dan akan mengangkat lebih tinggi lagi posisi Indonesia di mata dunia internasional.

Kurikulum Program Studi Teknik Industri FST-UBD dirancang dengan total beban 144 SKS, yang dapat ditempuh dalam kurun waktu 4 tahun (8 semester). Bagi mahasiswa yang memiliki Indeks Prestasi semester minimal 3,00 (tiga koma nol nol), diberikan kesempatan untuk dapat menyelesaikan program perkuliahan dalam kurun waktu 3,5 tahun.

 

Sasaran penyelenggaraan (program educational objectives) Program Studi Teknik Industri FST-UBD diarahkan untuk:

  1. Memberikan kepada mahasiswa pemahaman terhadap pengetahuan dasar, keterampilan, keahlian, dan wawasan berikut perkembangannya pada bidang Teknik Industri, agar lulusannya mampu menjawab permasalahan keteknikindustrian yang berkembang pada dunia industri baik manufaktur maupun jasa.
  2. Memberikan kepada mahasiswa keterampilan berkomunikasi yang baik, kemampuan manajerial, kepribadian (personality), jiwa kewirausahaan, etika profesi sehingga lulusan mampu menyiapkan diri dan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang kompleks serta memiliki semangat belajar seumur hidup (long life learning).
  3. Memberikan suasana akademis yang kondusif guna mendukung proses perkuliahan dan terciptanya penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keteknikindustrian yang berwawasan lingkungan.

Selanjutnya, tujuan (program outcomes) Program Studi Teknik Industri FST-UBD adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang :
    1. menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan dalam bidang Teknik Industri sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan cara penyelesaian masalah keteknikindustrian yang ada pada sektor industri baik manufaktur maupun jasa,
    2. berkarir sebagai production engineers, ergonomic product designers, supply chain managers, operation analysts, quality engineers, information system analysts, pengambil kebijakan bidang industri di pemerintahan, dan konsultan industri,
    3. memiliki sikap dan etika profesional dalam menerapkan ilmu keteknikindustrian dan berwawasan lingkungan,
    4. mampu berwirausaha dan menciptakan lapangan kerja sendiri sebagai bentuk kontribusi nyata dalam menciptakan masyarakat yang sejahtera yang berhati dan berbudi pekerti.
  2. Menghasilkan karya inovasi dalam bidang keteknikindustrian yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat serta tantangan perubahan yang cepat di bidang industri baik manufaktur maupun jasa, tanpa melupakan nilai-nilai yang berlaku secara universal serta berwawasan lingkungan.

 

Kompetensi dan Capai Pembelajaran

Secara umum, lulusan Program Studi Teknik Industri harus memiliki sikap :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  7. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  8. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Sementara itu, lulusan Program Studi Teknik Industri harus memiliki penguasaan pengetahuan sebagai berikut :

  1. Menguasai konsep teoritis sains alam, aplikasi matematika rekayasa, prinsip-prinsip rekayasa (engineering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi.
  2. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistem.
  3. Menguasai prinsip dan isu tekini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum.
  4. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini.

 

Untuk keterampilan khusus, lulusan Program Studi Teknik Industri harus :

  1. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi).
  2. Mampu menemukan sumber masalah rekayasa kompleks pada sistem terintergrasi melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional, atau eksperimental.
  3. Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis masalah rekayasa pada sistem terintegrasi.
  4. Mampu merumuskan alternatif solusi untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration).
  5. Mampu merancang dan mengendalikan sistem terintegrasi dengan mempertimbangkan standar teknik, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan.
  6. Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada bidang sistem terintegrasi.

Sementara itu, keterampilan umumnya meliputi :

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kiadah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau tugas akhir.
  3. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data.
  4. Mengelola pembelajaran secara mandiri.
  5. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya.

Berdasarkan uraian di atas, maka Program Studi Teknik Industri FST-UBD menciptakan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Mampu mengidentifikasi, memodelkan dan mencari solusi terbaik dari permasalahan yang ada dalam sistem terintegrasi dengan mengacu kepada sistem industri baik manufaktur maupun jasa, serta penajaman pada bidang ergonomi, sistem logistik, dan rekayasa pengendalian kualitas.
  2. Mampu bekerjasama dalam kelompok multidisiplin dan bertanggung jawab serta memahami etika profesi serta kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.
  3. Memiliki jiwa kewirausahaan yang berlandaskan semangat menciptakan lapangan pekerjaan guna mencapai masyarakat yang lebih sejahtera.

Untuk itu, pada setiap tahunnya mahasiswa Program Studi Teknik Industri FST-UBD diharapkan memiliki kompetensi atau capaian pembelajaran seperti yang diuraikan di bawah ini :

  1. Tahun pertama, mampu :
    • Memahami dasar-dasar ilmu engineering dan keterkaitannya dengan fungsi Teknik Industri.
    • Mampu membuat gambar teknik dengan AutoCad.
    • Mampu menggunakan prinsip-prinsip matematika, statistika, kimia, dan fisika dalam penyelesaian masalah keteknikindustrian.
    • Memiliki jiwa kepemimpinan, cinta tanah air, dan pancasilais.
  2. Tahun kedua, mampu :
    • Mengumpulkan, mengolah dan menginterpretasikan data statistik serta melakukan percobaan.
    • Menerapkan memperbaiki dan merancang sistem kerja menjadi lebih efektif dan efisien.
    • Memahami dan mampu mengerjakan dasar machining process.
    • Memahami dasar-dasar ilmu sosial dan keterkaitannya dengan fungsi Teknik Industri
    • Merancang dan menganalisis pengendalian produksi.
    • Menggunakan prinsip-prinsip keteknikan dalam memilih material produksi.
    • Melakukan optimasi terhadap sistem industri menggunakan prinsip-prinsip matematika.
  3. Tahun ketiga, mampu :
    • Memahami dan menerapkan teknik pengelolaan manusia dalam organisasi.
    • Memodelkan dan menganalisis dinamika sistem manufaktur.
    • Menganalisis aspek finansial dan teknoekonomi dalam kegiatan produksi
    • Menganalisis dan merancang struktur organisasi, dan merancang layout pabrik.
    • Mampu mererapkan sistem dan otomasi produksi.
    • Merencanakan dan merancang produk yang disesuaikan dengan permintaan pasar dan perkembangan teknologi yang ada.
    • Menganalisis dan mengandalikan kuliatas produk serta mampu merancang sistem kualitas dan keandalan produk manufaktur secara komprehensif.
    • Melakukan perancangan sistem industri dengan memperhatikan secara seksama terhadap keberlanjutan lingkungan hidup serta kesehatan keselamatan kerja.
    • Mampu mengambil keputusan bisnis sebagai bagian dari proses penyusunan rencana wirausaha atau bisnis mandiri.
    • Memiliki kemampuan khusus dalam bidang ergonomi, manajemen logistik, atau pengendalian kualitas.
  4. Tahun terakhir :
    • Mampu menyusun dan menganalisis studi kelayakan pabrik dan bisnis.
    • Menganalisis dan merancang sistem informasi perusahaan.
    • Mempresentasikan konsep dan ide secara profesional.
    • Menganalisis dan meningkatkan produktivitas perusahaan.
    • Mampu merancang, menganalisis dan memecahkan masalah yang ada pada sistem industri manufaktur maupun jasa secara komprehensif, disesuaikan dengan kemampuan khusus Teknik Industri yang dimilikinya.